Memimpin Peradaban dengan Cerdas Berbahasa Arab

Oleh: Ustadz Cholid Mahmud, MT.

Ceramah ini diberikan saat penerimaan mahasiswa baru ma’had Ad-da’wah. Digambarkan tentang keadaan yang memprihatinkan bahwa semangat untuk menuntut ilmu, terutama Bahasa Arab hanya tinggi pada saat mendaftar, tetapi lama-lama mengalami penyusutan. Padahal, untuk memahami bahasa Arab tidaklah sulit, ada tips penting yang diungkapkan ustadz Cholid dalam ceramahnya.

 Secara keseluruhan, ceramah ini membahas tentang uraian Ibnul Qayyim Al-Jauziyah ketika menafsirkan QS. Al-Furqan : 30. Seorang muslim dapat dikategorikan berdasarkan perlakuannya terhadap Al-Qur’an. Dan hal tersebut diulas dengan gamblang dalam ceramah yang hanya berdurasi kurang dari 40 menit ini. Melalui ulasan tersebut, akhirnya kita bisa memahami korelasi dan pentingnya belajar serta memahami bahasa Arab. Semoga kita tidak termasuk bagian seperti yang diungkapkan ustadz Cholid dalam akhir ceramah.

 Apakah tips untuk belajar Bahasa Arab dan kategori apa sajakah yang diuraikan Ibnul Qayyim Al-Jauziyah? (lala)

Link Download “Memimpin Peradaban dengan Cerdas Berbahasa Arab” [download]

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


“Barang siapa yang mengajak kepada petunjuk, maka baginya ada pahala yang sama dengan pahala orang yang mengikutinya dan tidak dikurangi sedikitpun juga dari pahala-pahala mereka.” (HR Muslim)



Kajian Terpilih