Istiqomah di Jalan Dakwah bagi Muslimah

muslimah1

Oleh: Ustadzah Asri Widiarti

Muslimah adalah bagian dari dakwah yang tidak dapat dinafikan keberadaan dan peranannya. Sejarah telah mencatat bahwa muslimah juga memiliki andil besar untuk melengkapi peradaban Islam.  Sebagai salah satu pelaku dakwah, maka hal penting yang harus diperhatikan oleh seorang muslimah adalah bersikap istiqomah. Mendengar kata istiqomah tentu bukanlah hal baru di telinga kita. Allah sendiri telah memerintahkan untuk istiqomah seperti yang tercantum dalam ayat berikut:

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Robb kami ialah Allah”, kemudian mereka tetap beristiqomah, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita, mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan (di dunia)” (QS. Al Ahqaaf [46]: 13-14)

Apa itu Istiqomah?

Al Qurtubi mengatakan bahwa istiqomah adalah sikap orang-orang yg terus bertahan dalam ketaatan kepada Allah baik dalam aqidah, perkataan, maupun perbuatan. Sementara itu, Ibnu Katsir berpendapat, istiqomah adalah sikap ikhlas karena Allah dan selalu melaksanakan ketaatan kepadaAllah.

Keistiqomahan harus dijaga hingga akhir hayat kita. Namun, sebagai manusia biasa, terkadang mempertahankan keistiqomahan bukanlah hal yang mudah. Allah telah memberi kemudahan bagi hambaNya untuk senantiasa memohon ampun atas setiap kesalahan yang kita lakukan seperti yang tercantum dalam ayat berikut ini:

“Katakanlah: “Bahwasanya aku hanyalah seorang manusia seperti kamu, diwahyukan kepadaku bahwasanya Rabbmu adalah Rabb Yang Maha Esa, maka tetaplah istiqomah pada jalan yang lurus menuju kepada-Nya dan mohonlah ampun kepada-Nya.”

(QS. Fushilat: 6)

Ayat tersebut memberi pemahaman kepada kita bahwa akan selalu ada tantangan yang dihadapi dalam mempertahankan keistiqomahan. Apa saja tantangan yang dihadapi dalam mempertahankan keistiqomahan, bagaimana cara mengatasinya, dan apa saja buah dari istiqomah? (elly)

Link Download “Istiqomah di Jalan Dakwah bagi Muslimah” [download]

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


“Barang siapa yang mengajak kepada petunjuk, maka baginya ada pahala yang sama dengan pahala orang yang mengikutinya dan tidak dikurangi sedikitpun juga dari pahala-pahala mereka.” (HR Muslim)



Kajian Terpilih